post artikel PDCMJT kerjasama dengan Aspal Polimer Emulsindo dan NARUMA

PD. CMJT berupaya membuat Terobosan Produk Karet menjadi Aspal Karet

ASPAL KARET RSG dan NARUMA

Untuk mengantisipasi penurunan harga karet dalam 5 tahun terakhir dan kenaikan upah penyadap dari tahun ke tahun, PD. CMJT berupaya membuat terobosan produk karet dengan meminimalkan nilai investasi dan kelangsungan pemasaran produk yang dihasilkan. Dari riset yang dilakukan produk karet dapat dicampur dengan aspal untuk meningkatkan kualitas dan umur aspal.

Terdapat 2 alternatif pencampuran aspal dan karet, yang pertama latek pekat, yang kedua karet padat. Pencampuran latek pekat dengan aspal, mudah untuk dilakukan dengan catatan tidak mengandung amoniak dalam latek pekat. Teknologi pemekatan latek yang berkembang di Indonesia masih menggunakan amoniak, akan menyulitkan saat latek dicampur dengan aspal karena homogenitas nya menjadi rendah disamping itu juga diperlukan tempat penyimpanan khusus dan tangki pengiriman ke pabrik pencampuran aspal dengan nilai investasi yang relative tinggi.

Bertitik dari kondisi tersebut PD. CMJT telah berhasil mengembangkan RSG (Rubber Smoke Granular) yang merupakan modifikasi dari produk RSS yang telah dihasilkan selama ini tetapi nilai jualnya turun. Modifikasi dilakukan dengan memotong rantai pengasapan dan mencacah lembaran karet menjadi bentuk granular. Modifikasi ini menjadi pertama di Indonesia dan dikembangkan dalam satu tahun terakhir.

Kemudian dari RSG selanjutnya dicampur dengan aspal dengan kondisi tertentu akan menghasilkan NARUMA (Natural Rubber Modified Asphal). Berbeda dengan aspal karet yang dikembangkan oleh beberapa Balai di Bina Marga, NARUMA memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari standar yang dipersyaratkan.

Diinginkan karena Naruma berasal dari karet RSG dengan kemurnian karet yang lebih tinggi dibandingkan dengan aspal karet yang biasanya dikembangkan dari Sir 20 dan ini sekaligus menjadi produk aspal karet modifikasi yang pertama yang dikembangkan dari RSS di Indonesia. Kedua produk tersebut telah kami daftarkan HAKI dan paten nya sekaligus telah kami daftarkan dalam e-katalog lokal Pemprov Jateng.

Sejalan dengan proses pendaftaran tersebut, Presiden telah menghimbau untuk menggunakan aspal karet dalam kegiatan pembangunan perawatan jalan di Indonesia sekaligus PD. CMJT menjadi terdepan dalam pengembangan produksi aspal karet dengan kualitas yang paling baik, maka dengan ini kami mohon adanya kebijakan dari Pemprov Jateng baik dalam kebijakan penggunaan alokasi anggaran dalam menyerap produk aspal karet NARUMA milik PD. CMJT.

Bekerjasama dengan https://ape-bitumen.co.id/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *